Pengaruh Corporate Sosial Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak. (Studi empiris terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2019).

Z, ST. Hafsari (2021) Pengaruh Corporate Sosial Responsibility, Ukuran Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Agresivitas Pajak. (Studi empiris terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2016-2019). Undergraduated thesis, Universitas Cenderawasih.

[img] Text (Cover, Halaman Persetujuan, Halaman Pengesahan, Surat Pernyataan, Daftar Riwayat Hidup, Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi)
COVER.pdf

Download (727kB)
[img] Text (Bab I - Pendahuluan)
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (608kB)
[img] Text (Bab II - Kajian Pustaka)
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text (Bab III - Metodologi Penelitian)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (844kB)
[img] Text (Bab IV - Hasil dan Pembahasan)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[img] Text (Bab V - Simpulan dan Saran)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (553kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh corporate social responsibility (CSR), ukuran perusahaan, dan profitabilitas terhadap agresivitas pajak perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah corporate social responsibility, ukuran perusahaan dan profitabilitas. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah agresivitas pajak yang diukur menggunakan proksi effective tax rate (ETR). Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian yang dilakukan oleh Nugraha dan Meiranto (2015) dengan menggunakan 143 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2016-2019 sebagai sampel penelitian. Sampel penelitian dipilih dengan metode purposive sampling dan diperoleh 62 perusahaan per tahun yang memenuhi kriteria. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa corporate social responsibility berpengaruh positif dan signifikan terhadap agresivitas pajak perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap agresivitas pajak, dan profitabilitas berpengaruh secara signifikan tetapi negatif terhadap agresivitas pajak perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Agresivitas Pajak
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 343 Hukum militer, pertahanan, keuangan publik, pajak, perdagangan (perdagangan), hukum industri
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi > Akuntansi
Depositing User: Hasnawati Hasnawati
Date Deposited: 12 Jul 2023 13:30
Last Modified: 12 Jul 2023 13:30
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item