Gambaran Stres Ibu dengan Anak Usia Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Asano

Julyarni, Winda (2021) Gambaran Stres Ibu dengan Anak Usia Sekolah Dasar pada Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Asano. Undergraduated thesis, Universitas Cenderawasih.

[img] Text (Cover, Halaman Pengesahan, Halaman Persetujuan, Naskah Publikasi, Kata Pengantar, Abstrak, Daftar Isi)
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text (Bab I - Pendahuluan)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Bab II - Tinjauan Pustaka)
BAB II - TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text (Bab III - Metode Penelitian)
BAB III - METODE PENELITIAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Bab IV - Hasil Penelitian)
BAB IV - HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text (Bab V - Pembahasan)
BAB V - PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Bab VI - Simpulan dan Saran)
BAB VI - SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (378kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Akibat adanya pandemi COVID-19, Kemendikbud RI melakukan sistem pembelajaran secara daring. Adanya perubahan sistem pembelajaran mengakibatkan terjadinya peningkatan stres terhadap ibu. Dari hasil studi pendahuluan dengan wawancara didapatkan hasil bahwa ibu mengalami kesulitan dengan sistem pembelajaran daring, disebabkan ibu mengalami kesulitan dalam membagi waktu dan ibu masih belum memahami aplikasi yang digunakan dalam proses pembelajaran daring. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran stres ibu dengan anak usia sekolah dasar pada pembelajaran daring saat pandemic COVID-19 di kelurahan Asano. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Analisa data menggunakan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan uji korelasi bivariat dengan chi Square. Jumlah sampel 189 orang dan dipilih dengan quota ssampling dan proportional sampel disetiap tingkat/kelas yang memenuhi kriteria inklusi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil yang mengalami stres terbanyak berdasarkan karakteristik usia <35 tahun sebanyak 60 responden (50,8%), pendidikan rendah sebanyak 80 responden (42,3%), tidak berkerja sebanyak 67 reponden (35,4%), dan pendapatan <UMP sebanyak 73 responden (38,6%). Berdasarkan analisa bivariate didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara pekerjaan, pendidikan, dan pendapatan ibu yang mendampingi putra/putrinya secara daring dengan kejadian stres dengan nilai p-value=0,00, tetapi tidak ada hubungan antara usia ibu yang mendampingi putra/putrinya secara daring dengan kejadian stres, p-value= 0,83. Berdasarkan hasil disarankan bagi ibu yang mengalami stres diharapkan dapat mengolah manajemen stres dan mampu menerapkan strategi coping sehingga dapat mengurangi stres selama mendampingi putra/putrinya secara daring. Kata kunci: Stres ibu, Pembelajaran Daring, Pandemi COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Uncontrolled Keywords: Stres Ibu, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Hasnawati Hasnawati
Date Deposited: 10 Mar 2023 10:09
Last Modified: 10 Mar 2023 10:09
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item