Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Menghargai Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun Ajaran 2020/2021

Pigay, Meryanty (2021) Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tentang Menghargai Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduated thesis, Universitas Cenderawasih.

[img] Text (Abstrak)
sikripsimeryanty Pigay Abstrak .pdf

Download (209kB)
[img] Text (Bab I)
sikripsimeryanty Pigay Bab I.pdf

Download (185kB)
[img] Text (Bab II)
sikripsimeryanty Pigay Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (Bab III)
sikripsimeryanty Pigay Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] Text (Bab IV)
sikripsimeryanty Pigay Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text (Bab V)
sikripsimeryanty Pigay Bab V.pdf

Download (123kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
sikripsimeryanty Pigay Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text (Lampiran)
sikripsimeryanty Pigay Lampiran.pdf

Download (693kB)

Abstract

Penelitian ini adalah tidakan kelas didalam penelitian ini subjek penelitian ialah siswa kelasV SD negeri inpres koya tengah yang berjumlah siswa 14 siswa.pada tes awal tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia diketahui 11(78.57%) siswa belum mencapai KKM dan 3 ( 22,42%) siswa telah mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun Ajaran 2020/2021,sesuai dengan kiriteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran IPS yaitu 70. Hasil penelitian yang dilakukan melalui evaluasi pada siklus I dengan dengan persentase keberhasilan siswa pada siklus I adalah 7(50%) siswa dan siklus II adalah 14 (100%)siswa .Dengan demikian ,hasil penelitian dengan menggunakan media gambar ,dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gamabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS tentang menghargai sejarah proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia pada siswa kelas VSD Negeri Inpres Koya Tengah Kabupaten Keerom Tahun AJaran 2020/2021.Sehinggah KKM tercapai.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan dasar, Metode pengajaran, Media Gambar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Novia Lestari Br Pinem
Date Deposited: 16 Mar 2023 23:53
Last Modified: 16 Mar 2023 23:53
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item