Yuliana, Felle (2019) Meningkatkan Kreatifitas Membentuk Benda Menggunakan Plastisin pada Anak Kelompok B1 di Taman Kanak-Kanak Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduated thesis, Universitas Cenderawasih.
Text (Judul)
Judul - abstrac.pdf Download (212kB) |
|
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (118kB) |
|
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
|
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Bab V)
Bab V.pdf Download (47kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meningkatkan kreativitas dapat dilakukan guru dengan memilih kegiatan menarik, sederhana, menyenangkan bagi anak, dan tentunya dapat mengembangkan keterampilan anak dalam membentuk benda menggunakan plastisin dengan berbagai metode belajar yang telah disediakan guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research), meningkatkan Kreativitas Membentuk Benda Menggunakan Plastisin pada anak kelompok B1 TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Waktu penelitian mulai bulan Juli sampai September. Subjek pada penelitian ini adalah Anak kelompok B1 di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura yang berjumlah 12 Anak, yaitu 10 anak laki-laki dan 2 anak perempuan. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 3 tindakan dan menggunakan model Kemmis dan Mc Tanggart yang terdiri dari empat tahap antara lain: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Kondisi awal kreativitas membentuk benda menggunakan plastisin Pada Anak Kelompok B1 Di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura rata-rata baru mencapai 47,33%. Setelah di laksanakan penelitian tindakan kelas terhadap anak usia dini di TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura Provinsi Papua Tahun Pelajaran 2019/2020, Dengan melalui dua siklus masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Pada data awal nilai presentase anak mencapai rata-rata 47,33% meningkat pada siklus tindakan1 menjadi nilai rata-rata 55,33%, meningkat lagi pada siklus I tindak an 2 menjaadi nilai rata-rata 63,67%, pada siklus I tindakan 3 meningkat menjadi rata-rata 70,33%, meningkat pada siklus II tindakan 1 menjadi rata-rata 77,75%, dan pada siklus II tindakan 2 nilai meningkat menjadi rata-rata 83,67% dan pada siklus II tindakan 3 meningkat lagi menjadi rata-rata 90,33%. Berdasarkan penelitian terbukti bahwa membentuk benda dengan menggunakan plastisin, dapat meningkatkan kreativitas pada anak kelompok B1 TK Haleluya Sentani Kabupaten Jayapura
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas Membentuk Benda, Plastisin. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Novia Lestari Br Pinem |
Date Deposited: | 17 May 2023 05:44 |
Last Modified: | 17 May 2023 05:44 |
URI: | http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/204 |
Actions (login required)
View Item |