Perencanaan Distribusi Air Bersih di Kampung Yokiwa Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua

Jitmau, Yakobus (2022) Perencanaan Distribusi Air Bersih di Kampung Yokiwa Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua. Undergraduate thesis, Universitas Cendrawasih.

[thumbnail of Cover-Daftar Simbol] Text (Cover-Daftar Simbol)
COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of BAB II Tinjauan Pustaka] Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III Metode Penelitian] Text (BAB III Metode Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[thumbnail of BAB IV Hasil dan Pembahasan] Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[thumbnail of BAB V Kesimpulan] Text (BAB V Kesimpulan)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dalam mengatasi keluhan pelanggan melalui di kampung YOKIWA Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang tapsel. Sebagai kampung yang bergerak dalam mendistrbusikan air bersih ke pelanggan tentu saja Humas PDAM harus mampu menerima respon pelanggan serta dapat mengatasi keluhan pelanggan, yang mana kepuasan pelanggan adalah tujuan utama untuk keberlangsungan daerah kampung YOKIWA. Penelitian ini menggunakan teori Image Restoration dalam menangani keluhan pelanggan di Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Cabang Tapsel. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Dalam peneltian ini terdapat beberapa informan yaitu Kabag Humas, Kabag Umum serta pelanggan PDAM Tirtanadi Cabang Tapsel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi Komunikasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi dalam menangani keluhan pelanggan yaitu dengan menerima dengan baik setiap pelanggan yang memiliki keluhan, selalu menganggap setiap keluhan pelanggan merupakan suatu hal harus penting tanpa melihat besar kecilnya keluhan pelanggan serta mencari solusi terbaik agar keluhan pelanggan cepat terselesaikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Distribusi AIr; Air; Air Bersih:
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Mesin - S1
Depositing User: fatma fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2025 00:56
Last Modified: 24 Oct 2025 00:56
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item
View Item