Manajemen Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tanah-Merah, Kabupaten Boven-Digoel

Kandam, Viktoria (2023) Manajemen Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tanah-Merah, Kabupaten Boven-Digoel. Undergraduate thesis, Universitas Cendrawasih.

[thumbnail of Cover-Daftar Isi] Text (Cover-Daftar Isi)
COVER.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of BAB II Gambaran Umum] Text (BAB II Gambaran Umum)
BAB II.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of BAB III Penyajian Data] Text (BAB III Penyajian Data)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[thumbnail of BAB IV Analisis Data] Text (BAB IV Analisis Data)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[thumbnail of BAB V Penutup] Text (BAB V Penutup)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

Peranan dari Puskesmas Tanah-Merah sangatlah penting bagi masyarakat Boven-Digoel dalam memberikan pelayanan kesehatan dalam pemberian kegunaan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan,yang di harapkan melakukan berbagai cara untuk dapat mencapai derajat masyarakat setinggi-tingginya dan setiap masyarakat memiliki Hak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terjangkau,bermutu dan baik,karena Setiap warga negara menghendaki adanya pelayanan kesehatan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Merah, Kabupaten Boven-Digoel,dan untuk mengetahui faktor-faktor dari kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Tanah-Merah,Kabupaten Boven-Digoel. penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam metode kualitatif ini peneliti akan melakukan penelitian menggunakan tiga alat, yaitu pengamatan (observasi), wawancara (intervieuw) dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjuk kepada pertama, pelayanan kesehatan dilakukan sesuai dengan masing-masing medik, mulai dari dokter, perawat, bidan, gizi hingga apoteker kedua, pasien umum dan pasien menggunakan kartu BPJS tetap dilayani oleh petugas medis di Puskesmas Tanah Merah. Untuk pasien umum yang tidak menggunakan BPJS akan dilayani kurang lebih dua kali, lalu kemudian dianjurkan mengurus BPJS ketiga, dokter, perawatan, bidan, gizi dan apoteker di masing-masing polik selama ini sudah melayani pasien dengan baik di Puskesmas Tanah Merah, meskipun masih ada kekurangan dalam pelayanan kesehatan yang dilakukan selama ini keempat, pelayanan di masing- masing medik dilakukan secara disiplin dan pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Merah dilakukan secara gratis dan tidak dipunggut biaya. Di simpulkan berdasarkan dua hal yakni : pertama,manajemen pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Merah dan kedua, faktor penghambat dan pendukung manajemen pelayanan kesehatan di Puskesmas Tanah Merah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Puskesmas; Pelayanan Kesehatan
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Negara - S1
Depositing User: fatma fatmawati
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:09
Last Modified: 03 Nov 2025 03:09
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item