Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Loket Pendaftaran Puskesmas Abepura

Jemau, Devi Febriani (2022) Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Loket Pendaftaran Puskesmas Abepura. Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.

[thumbnail of COVER - DAFTAR ISI] Text (COVER - DAFTAR ISI)
COVER.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of BAB I (Pendahuluan] Text (BAB I (Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of BAB II (Tinjauan Pustaka] Text (BAB II (Tinjauan Pustaka)
BAB II.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of BAB III (Metode Penelitian] Text (BAB III (Metode Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[thumbnail of BAB IV (Hasil dan Pembahasan] Text (BAB IV (Hasil dan Pembahasan)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[thumbnail of BAB V (Kesimpulan dan Saran] Text (BAB V (Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (867kB)

Abstract

Pelayanan loket pendaftaran di puskemas sangat membantu petugas dalam
melakukan pelayanan karena mempercepat dan mempermudah dalam proses
pendaftaran sehingga pelayanan tidak terasa lama dan memberikan dampak
kepuasan pasien. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien
terhadap pelayanan di loket pendaftaran Puskesmas Abepura.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan
rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang
berkunjung ke Puskemsas Abepura sebanyak 100 sampel dengan cara accidental
sampling. Data diperoleh menggunakan kuesioner dan dianalsis menggunakan chi
square.
Hasil penelitian diperoleh kepuasan pasien dalam pelayaanloket
pendaftaran di Puskesmas Abeura tidak puas sebanyak 54 orang (54%) dan puas
sebanyak 46 orang (46%). Kepuasan pasien berdsasarkan umur yang tidak puas
pada umur 20-25 tahun sebanyak 19 orang (61,3%) dan puas berumur 26-35 tahun
sebanyak 18 orang (51,4%). Berdasarkan jenis kelamin yang tidak puas pada
perempuan sebanyak 35 oang (54,7%) dan puas pada laki-laki sebayak 17 orang
(47,2%). Berdasarkan pendidikan yang puas pada pendidikan SD sebanyak 2
orang (66,7%) dan puas pada pendidikan tinggi sebanyak 20 orang (55,6%).
Kepuasan berdasarkan pekerjaan yang puas terbanyak tidak bekerja sebanyak 28
orang (66,7%) dan puas terbanyak pada responden yang bekerja sebanyak 32
orang (55,2%).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pasien, Pelayanan di loket pendaftaran puskesmas
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 613 Ilmu Kesehatan Umum dan keamanan
Divisions: Fakultas Keseheatan Masyarakat > Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat - S1
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 18 Nov 2025 23:28
Last Modified: 18 Nov 2025 23:28
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item
View Item