Analisis Tingkat Kecelakaan pada Ruas Jalan Trans Papua Kabupaten Keerom.

Panjaitan, Charles Tulus Richardo (2023) Analisis Tingkat Kecelakaan pada Ruas Jalan Trans Papua Kabupaten Keerom. Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.

[thumbnail of Cover - Daftar Gambar] Text (Cover - Daftar Gambar)
COVER_compressed.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of Bab I Pendahuluan] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Bab II Tinjauan Pustaka] Text (Bab II Tinjauan Pustaka)
BAB II.pdf

Download (684kB)
[thumbnail of Bab III Metodologi Penelitian] Text (Bab III Metodologi Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[thumbnail of Bab IV Pembahasan] Text (Bab IV Pembahasan)
BAB IV_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[thumbnail of Bab V Penutup] Text (Bab V Penutup)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Jalan Trans Papua di Kabupaten Keerom merupakan Jalur utama
penghubung antara Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom. Seiring dengan jumlah pertumbuhan penduduk dan jumlah kepemilikan kendaraan yang terus bertambah dapat menyebabkan meningkatnya terjadi kecelakaan. Pada jalur ini sering terjadi kecelakaan tunggal maupun kecelakaan antara dua kendaraan berbeda. berdasarkan data dari Satuan Lalu lintas Kabupaten Keerom dari Tahun 2019-2022 sebanyak 476 kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik kecelakaan yang terjadi, mengetahui tingkat kecelakaan dan identifikasi lokasi rawan kecelakaan (Black Spot) dengan menggunakan metode Equivalent Accident
Number (EAN), metode Batas Kontrol Atas (BKA) dan metode Upper Control Limit (UCL) pada ruas jalan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah karakteristik kecelakaan dengan persentase korban luka ringan sebesar 51%, persentase terjadi pada jalan lurus sebesar 75%, persentase terjadi pada pagi hari sebesar 45%, persentase usia korban 12-21 tahun sebesar 40%, persentase status sosial swasta sebesar 39%, persentase pengaruh jalan sebesar 46% dan persentase pengaruh pengemudi sebesar 38%. Tingkat kecelakaan paling tinggi terjadi pada Segmen 1 sepanjang 3 km (Km 58-55) dengan nilai rata-rata 3,41 kecelakaan per kilometer
sekaligus menjadi tempat terdapatnya titik rawan kecelakaan (Black Spot) dan menjadi daerah rawan kecelakaan (Black Site) dengan nilai Equivalent Accident Number (EAN) sebesar 177, nilai Batas Kontrol Atas sebesar 175 dan nilai Upper
Control Limit sebesar 164.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Tingkat Kecelakaan; Ruas Jalan
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil - S1
Depositing User: Hasna
Date Deposited: 02 Oct 2025 04:17
Last Modified: 02 Oct 2025 04:17
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/33

Actions (login required)

View Item
View Item