Leasa, Aditha Julia (2024) Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Penanganan Anak Pelaku Kekerasan Seksual (Studi Pada Balai Pemasyarakatan Kelas Ii Jayapura). Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.
COVER SKRIPSI.pdf
Download (435kB)
BAB I - PENDAHULUAN.pdf
Download (284kB)
BAB II - KERANGKA TEORI.pdf
Download (433kB)
BAB III - HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
BAB IV - PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (112kB)
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (144kB)
Abstract
Penelitian dengan judul “Peran Pembimbing Kemasyarakatan Dalam Penanganan Anak Pelaku Kekerasan Seksual (Studi Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Jayapura)” ini bertujuan untuk menganalisis peran PembimbingbKemasyarakatan dalam penanganan anak pelaku kekerasan seksual sekaligus mengidentifikasi kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative dan yuridis empiris, dimana permasalahan yang dibahas dan diuraikan dilakukan dengan menelaah bahan-bahan Pustaka serta
kaidah-kaidah atau norma hukum. Sementara metode yuridis empiris dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara bersama narasumber. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, peran Pembimbing Kemasyarakatan pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Jayapura dalam penanganan
anak pelaku kekerasan seksual meliputi, pendampingan, pembinaan, dan pembimbingan. Terdapat dua jenis kendala yang ditemukan dalam penanganan anak pelaku kekerasan seksual yaitu, kendala internal yang meliputi keterbatasan anggaran dan jumlah petugas pembimbing kemasyarakatan, serta kendala
eskternal yang meliputi penolakan dan ketidakpedulian orang tua atau keluarga dan minimnya pendidikan anak pelaku kekerasan seksual. Disarankan : pertama, perlu adanya edukasi mengenai pendidikan seksual yang tepat sesuai dengan tahap perkembangan anak, meningkatkan pengawasan orang tua terhadap aktivitas dan lingkungan anak, menjalin kerja sama yang baik dengan pihak-pihak terkait serta memberikan motivasi kepada anak untuk memperoleh pendidikan setinggin-tingginya demi mencegah anak terlibat dalam kasus kekerasan seksual. Kedua, Bapas perlu untuk meningkatkan kapasitas baik dari segi fasilitas, petugas pembimbing kemasyarakatan, maupun kemampuan sehingga diharapkan kedepannya Bapas melalui pembimbing kemasyarkatan dapat berperan lebih optimal lagi dalam menangani kasus anak pelaku kekerasan
seksual dan kasus lainnya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | ekerasan Seksual, Anak Sebagai Pelaku, Peran Pembimbing Kemasyarakatan |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana |
| Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum - S1 |
| Depositing User: | Esly |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 14:55 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 14:55 |
| URI: | http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/86 |
