Fadirsyair, Agustinus (2024) Tanggung Jawab Perdata Barbershop “Harry Sae” Dalam Melayani Konsumen : Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.
CAVER.pdf
Download (500kB)
BAB I.pdf
Download (353kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (310kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (323kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (199kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (322kB)
Abstract
Penelitian dengan judul “Tanggung Jawab Perdata Barbershop “Harry Sae” Dalam Melayani Konsumen : Perspektif Hukum Perlindungan Konsumen”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk tanggung jawab barbershop “Harry Sae” terhadap konsumen di Kota Jayapura dan mengetahui bagaimana implementasi hukum perlindungan
konsumen terkait tanggung jawab tersebut di Kota Jayapura
Metode pendekatan digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan normatif yaitu untuk menemukan aturan tentang perlindungan konsumen dan juga metode pendekatan hukum empiris yaitu untuk mengkaji hukum dalam kenyataan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Barbershop “Harry Sae” telah berupaya menjalankan tanggung jawabnya sebagai pelaku usaha sesuai dengan ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. "Harry Sae" secara konsisten menjaga kualitas layanan dengan menyediakan fasilitas yang nyaman, kebersihan yang baik, serta pelatihan bagi karyawan untuk meningkatkan kompetensi pelayanan. Barbershop ini juga menunjukkan komitmen dalam menangani keluhan konsumen dengan menyediakan mekanisme pengembalian uang dan rekomendasi pegawai yang lebih berpengalaman, sehingga mengedepankan kepuasan konsumen. 2. Selain
itu, "Harry Sae" mematuhi standar yang diatur dalam UU Perlindungan Konsumen, seperti memberikan informasi yang jelas terkait harga dan layanan yang ditawarkan, menjaga keselamatan serta kebersihan lingkungan usaha, serta
bertanggung jawab atas potensi kerugian yang dialami konsumen. Barbershop ini juga memperlihatkan itikad baik dengan terus meningkatkan kualitas layanan melalui survei dan masukan konsumen, serta menjaga keterbukaan dan
transparansi dalam pelaksanaan usahanya.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, Kualitas Layanan, Hak Konsumen, Tanggung Jawab Pelaku Usaha, Barbershop |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 340 Ilmu hukum > 346 Hukum privat, hukum perdata |
| Divisions: | Fakultas Hukum > Program Studi Ilmu Hukum - S1 |
| Depositing User: | Esly |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 01:41 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 01:41 |
| URI: | http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/88 |
