Usior, Apolina Ferawati (2023) Etika Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara pada Bagian Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX badan Kepegawaian Negara Jayapura. Undergraduate thesis, Universitas Cendrawasih.
COVER.pdf
Download (528kB)
BAB I.pdf
Download (259kB)
BAB II.pdf
Download (456kB)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (192kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (290kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
Abstract
Fokus etika pelayanan publik pada Bidang Informasi Kepegawaian untuk melayani Aparatur Sipil Negara melalui: (a) etika situasi dan (b) jasa etika dan (c) etiket pelayanan. Rumusan masalah penelitian. “Bagaimana etika pelayanan publik Aparatur Sipil Negara Pada Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura? Tujuan penelitian untuk mendeskripsi etika pelayanan publik Aparatur Sipil Negara pada Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepagawaian Negara Jayapura, terutama aspek- aspek etika situasi, jasa etika dan etiket pelayanan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci adalah kepala Bidang dan para pegawai sebagai informan. Sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan, studi dokumentasi. Teknik Analisis Data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang etika pelayanan publik di Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura, disimpulkan bahwa: (1) Pada Bidang Informasi Kepegawaian telah menerapkan etika situasi pelayanan publik dengan efektif pada aspek-aspek sikap dan perilaku, penampilan, cara berpakaian, cara berbicara, gerak-gerik, dan cara bertanya. (2) Menerapkan pula jasa etika pelayanan secara efektif dalam aspek- aspek kejujuran, ketulusan, menghindari konflik kepentingan pribadi, menghindari konflik kepentingan golongan, berinisiatif, memiliki daya juang, kesehatan dan keharmonisan, dan berpenampilan. (3) Menerapkan etiket awal pelayanan secara berdaya guna melalui pemberian salam, mempersilahkan, bertanya, menyuruh dan ucapan terima kasih. (4) Menerapkan etiket sesudah pelayanan secara berhasli guna dalam aspek senyum, salam, sapa, ramah, dan melayani dengan tulus.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Etika; Pelayanan Publik |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Administrasi Perkantoran - S1 |
| Depositing User: | fatma fatmawati |
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 03:12 |
| Last Modified: | 03 Nov 2025 03:12 |
| URI: | http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/171 |
