Etika Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara pada Bagian Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX badan Kepegawaian Negara Jayapura

Usior, Apolina Ferawati (2023) Etika Pelayanan Publik Aparatur Sipil Negara pada Bagian Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX badan Kepegawaian Negara Jayapura. Undergraduate thesis, Universitas Cendrawasih.

[thumbnail of Cover-Daftar Tabel] Text (Cover-Daftar Tabel)
COVER.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of BAB II Tinjauan Pustaka] Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
BAB II.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of BAB III Metodologi Penelitian] Text (BAB III Metodologi Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[thumbnail of BAB IV Deskripsi Lokasi Penelitian] Text (BAB IV Deskripsi Lokasi Penelitian)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB V Penyajian Data dan Kesimpulan] Text (BAB V Penyajian Data dan Kesimpulan)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[thumbnail of BAB VI Penutup] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of Paftar Pustaka] Text (Paftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

Fokus etika pelayanan publik pada Bidang Informasi Kepegawaian untuk melayani Aparatur Sipil Negara melalui: (a) etika situasi dan (b) jasa etika dan (c) etiket pelayanan. Rumusan masalah penelitian. “Bagaimana etika pelayanan publik Aparatur Sipil Negara Pada Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura? Tujuan penelitian untuk mendeskripsi etika pelayanan publik Aparatur Sipil Negara pada Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepagawaian Negara Jayapura, terutama aspek- aspek etika situasi, jasa etika dan etiket pelayanan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan kunci adalah kepala Bidang dan para pegawai sebagai informan. Sumber data primer dan sekunder yang diperoleh melalui teknik pengumpulan data wawancara, pengamatan, studi dokumentasi. Teknik Analisis Data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang etika pelayanan publik di Bidang Informasi Kepegawaian Kantor Regional IX Badan Kepegawaian Negara Jayapura, disimpulkan bahwa: (1) Pada Bidang Informasi Kepegawaian telah menerapkan etika situasi pelayanan publik dengan efektif pada aspek-aspek sikap dan perilaku, penampilan, cara berpakaian, cara berbicara, gerak-gerik, dan cara bertanya. (2) Menerapkan pula jasa etika pelayanan secara efektif dalam aspek- aspek kejujuran, ketulusan, menghindari konflik kepentingan pribadi, menghindari konflik kepentingan golongan, berinisiatif, memiliki daya juang, kesehatan dan keharmonisan, dan berpenampilan. (3) Menerapkan etiket awal pelayanan secara berdaya guna melalui pemberian salam, mempersilahkan, bertanya, menyuruh dan ucapan terima kasih. (4) Menerapkan etiket sesudah pelayanan secara berhasli guna dalam aspek senyum, salam, sapa, ramah, dan melayani dengan tulus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Etika; Pelayanan Publik
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Administrasi Perkantoran - S1
Depositing User: fatma fatmawati
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:12
Last Modified: 03 Nov 2025 03:12
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item
View Item