Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura

Pakage, Yulince (2023) Implementasi Kebijakan Pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura. Undergraduate thesis, Universitas Cendrawasih.

[thumbnail of Cover-Daftar Gambar] Text (Cover-Daftar Gambar)
COVER.pdf

Download (688kB)
[thumbnail of BAB I Pendahuluan] Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of BAB II Landasan Teori] Text (BAB II Landasan Teori)
BAB II.pdf

Download (274kB)
[thumbnail of BAB III Metode Penelitian] Text (BAB III Metode Penelitian)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[thumbnail of BAB IV Deskrip Lokasi Penelitian] Text (BAB IV Deskrip Lokasi Penelitian)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB V Penyajian Data dan Analisis Data] Text (BAB V Penyajian Data dan Analisis Data)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB VI Penutup] Text (BAB VI Penutup)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Fokus penelitian, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memperlihatkan bermunculnya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, diantaranaya e-KTP yang berbasis elektronik untuk meningkatkan daya saing dengan negara-negara lain yang tujuannya untuk mewujudkan pemerintah yang demokratis, transparan, bersih adil, akuntabel, bertanggung jawab, responsive, efektif dan efesien. Maka salah satu penerapan e-Government dalam pelayanan public dengan mengunakan teknologi dan informasi yang saat ini sedang dilaksanakan dalam bidang pemerintah adalah e-KTP “Elektronik Kartu Tanda Penduduk” Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar memerlukan data data kependudukan yang akurat, untuk itu pemerintah membuat program e-KTP untuk mendata penduduk dan menentukan jumlah penduduk. Model yang digunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik mengumpulkan data observasi wawancara dan dokumentasi, lokasi penelitian di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Jayapura. Perolehan data dari informan, pengolahan data, data hasil wawancara yang diolah dan dianalisis sebagai hasil dari penelitian yang dilakukan baik dari data primer maupun data sekunder. Hasil Penelitian ; Komunikasi agar masyarakat dapat mengetahui informasi pelayanan maka dukcapil memberikan informasi secara tertulis dan lisan menyangkut pelayanan E-KTP; Sumber daya, sumber daya suda yang stabil memberikan pelayanana yang cepat, tepat, dan akurat karena factor pendukun faslitas yang lengkap, pegawai yang konsisten, dan anggaran dana yang memadai; implementasi yang dilakukan oleh dukcapil memberikan pelayanan di dalam kantor dan diluar kantor tujuannya menyadarkan dan memudakan masyarakat dalam penggurusan E-KTP; Disposisi watak dan sifat pegawai sangat baik dan rama dan sangat konsisten dalam pemberi pelayanan; Struktur merupakan uraian prosedur, mekanisme, dan sistematis pelayanan e-KTP agar masyarakat dapat mengetahui pelayanan yang di butuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-KTP; Pelayanan; Dukcapil
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen Administrasi Perkantoran - S1
Depositing User: fatma fatmawati
Date Deposited: 03 Nov 2025 23:56
Last Modified: 03 Nov 2025 23:56
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item
View Item