Pulung, Chrisfo Dolvo Trio (2023) Analisis Pengaruh U-Turn Terhadap Kecepatan di Ruas Jalan Raya Kemiri Sentani. Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.
![Cover - Daftar Singkatan [thumbnail of Cover - Daftar Singkatan]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
COVER.pdf
Download (2MB)
![Bab I Pendahuluan [thumbnail of Bab I Pendahuluan]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (685kB)
![Bab II Landasan Teori [thumbnail of Bab II Landasan Teori]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Download (2MB)
![Bab III Metodologi Penelitian [thumbnail of Bab III Metodologi Penelitian]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![Bab IV Pembahasan [thumbnail of Bab IV Pembahasan]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![Bab V Penutup [thumbnail of Bab V Penutup]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (543kB)
![Daftar Pustaka [thumbnail of Daftar Pustaka]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (628kB)
![Lampiran [thumbnail of Lampiran]](http://repository.uncen.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Jalan raya merupakan sarana pubik yang sangat berperan besar terhadap seluruh aktifitas sebuah daerah, karena jalan raya merupakan akses yang perlu dilewati seseorang jika ingin bepergian di darat. Sehingga jalan raya sangat perlu
diperhatikan agar dapat menunjang segala aktifitas di atasnya. Salah satu bagian jalan raya adalah median jalan yang dibuat agak tinggi dari jalan agar dapat berfungsi untuk membagi jalur kendaraan agar kendaraan dari lawan arah tidak saling bertabrakan dengan kendaraan lainnya. Dengan adanya median maka perlu juga bukaan median agar kendaraan dapat memutar balik kendaraannya untuk mencapai tujuan, hanya saja dalam pembuatan bukaan median perlu juga
pertimbangan faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi arus lalu lintas agar pada titik bukaan median tidak terjadi antrian kendaraan ataupun kemacetan.
Penelitian ini bertujuan agar peneliti dapat mengetahui seberapa besar dampak bukaan median (u-turn) terhadap kecepatan kendaraan. Lokasi tempat penelitian berada pada 3 titik yaitu depan Balai Transmigrasi Sentani, depan Toko
Himalaya, dan depan Klinik AURI. Data yang diperlukan untuk penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, data primer berupa volume lalu lintas, hambatan samping, geometrik jalan, waktu tempuh dan foto dokumentasi.
Sedangkan data sekunder yaitu berupa data jumlah penduduk kabupaten Jayapura dan peta lokasi penelitian.
Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kecepatan rata-rata norma pada jalan raya kemiri berkisar antara 40,00 km/jam sampai 45,15 km/jam. Sedangkan kecepatan terendah pada saat kendaraan melakukan putar balik adalah berkisar
5,97km/jam sampai 9,28 km/jam. Dan nilai V/C untuk jalan Raya Kemiri berkisar antara 0,41- 0,47. Maka tingkat pelayanan jalan antara C dan B.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | U-Turn; Kecepatan; Ruas Jalan |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil - S1 |
Depositing User: | Hasna |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 04:17 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 04:17 |
URI: | http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/34 |