Analisis Tingkat Kerusakan Dan Alternatif Perbaikan Jalan Ruas Sorong-Klamono Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat

Kemesfle, Stenly Max Wanmres (2022) Analisis Tingkat Kerusakan Dan Alternatif Perbaikan Jalan Ruas Sorong-Klamono Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat. Undergraduate thesis, Universitas Cenderawasih.

[thumbnail of Cover - Daftar Tabel] Text (Cover - Daftar Tabel)
COVER.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I Pendahuluan] Text (Bab I Pendahuluan)
BAB I.pdf

Download (696kB)
[thumbnail of Bab II Landasan Teori] Text (Bab II Landasan Teori)
BAB II.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab III Metode Penulisan] Text (Bab III Metode Penulisan)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (630kB)
[thumbnail of Bab IV Hasil dan Pembahasan] Text (Bab IV Hasil dan Pembahasan)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V Kesimpulan dan Saran] Text (Bab V Kesimpulan dan Saran)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (577kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (558kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)

Abstract

Prasarana jalan merupakan salah satu moda transportasi darat yang
memiliki peran penting dalam melayani mobilitas manusia maupun distribusi
komoditi perdagangan, industri, dan mewujudkan lalu lintas angkutan jalan yang
efisien dan efektif dalam mendukung pembangunan lokal, regional, maupun
nasional. Jalan ruas Sorong-Klamono merupakan ruas jalan provinsi dibawah
naungan Balai Jalan Nasional Provinsi Papua Barat – Satker Sorong Raya. Jalan
ini menghubungkan daerah Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Maybrat
dengan Kabupaten Sorong dan Kota Sorong yang merupakan daerah Perkotaan.
Metode Pavement Condition Index (PCI) adalah sistem penilaian kondisi
perkerasan jalan yang dianalisa berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang
terjadi, yang dapat digunakan untuk acuan dalam usaha pemeliharaan. Jenis
kerusakan yang ditemukan pada Ruas Jalan Sorong-Klamono (sta 0+000-6+000)
yaitu Kerusakan kulit buaya (1) 4,44 %, kerusakan Amblas (6) 37.30 %, Retak
Pinggir (7) 1,31 %, kerusakan Retak Sambung (8) 0,90 %, kerusakan retak
memanjang (10) 5,21 %, kerusakan tambalan (11) 4,15 %, Pengausan Agregat
(12) 42,59 %, lubang (13) 0,29 %, dan kerusakan sungkur (16) 1,32 %, Pelepasan
Butir (19) 2,48 %. Rehabilitas dan penanganan yang dilakukan adalah penaganan
P6 yaitu perataan permukaan, penanganan P5 yaitu penambalan lubang,
penanganan P4 yaitu pengisihan retak dengan jenis pekerjaan bahan pengisi
(Filler), penanganan P3 yaitu melapisi retak, penanganan P2 yaitu pelaburan aspal
setempat dan penambahan lapisan pekerasan (Overlay).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kerusakan; Perbaikan Jalan Ruas
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 624 Teknik sipil
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan > 625 Teknik jalan kereta api dan jalan raya
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil - S1
Depositing User: Hasna
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:52
Last Modified: 20 Oct 2025 02:52
URI: http://repository.uncen.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item
View Item